BAZNAS Serahkan Bantuan Rehabilitasi Masjid atau Mushola Sekolah di Kulon Progo

BAZNAS Serahkan Bantuan Rehabilitasi Masjid atau Mushola Sekolah di Kulon Progo
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kulon Progo

KULONPROGO - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kulon Progo melakukan Pentasyarufan (Penyerahan) dana rehabilitasi Masjid atau Mushola Sekolah oleh Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo,  Rabu (9/9/2020), di SMPN 2 Nanggulan.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Kulon Progo, Ketua BAZNAS Kulon Progo, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Kulon Progo, Panewu Nanggulan, Lurah Wijimulyo Nanggulan, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Sekretaris Dinas Dikpora, Kepala Sekolah SMPN 2 Nanggulan, serta OPD terkait lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Arif Prastowo, berharap, bantuan ini dapat meningkatkan iman dan taqwa yang dimulai dari budaya berzakat, bersedekah, dan berinfaq dari tingkatan satuan pendidikan.  “Tahun 2019 dapat mencapai hingga Rp 5, 4 milyar (khusus dari lingkup Dinas Dikpora), ” ujarnya.

Sutedjo kemudian menyerahkan secara simbolis berupa bantuan rehabilitasi Masjid atau Mushola kepada 42 satuan pendidikan dengan rincian enam unit TK, 32 unit SD, dan 4 unit SMP, dengan besaran berbeda-beda antara Rp20 juta hingga Rp30 juta, dan keseluruhan total sebesar Rp920 juta.

Pada acara ini, dana BAZNAS diberikan kepada beberapa perwakilan satuan pendidikan, di antaranya TK Negeri Nanggulan sebesar Rp20 juta, SDN Wonorejo sebesar Rp20 juta, SDN Kalimanggis sebesar Rp20 juta, SDN Donomerto sebesar Rp20 juta, SDN Wijilan sebesar Rp20 juta, SDN Wijimulyo sebesar Rp30 juta, serta SMPN 2 Nanggulan sebesar Rp30 juta.

Dalam sambutannya, Sutedjo menyampaikan bahwa pembangunan manusia di sektor pendidikan bukan hanya dari sisi akdemisnya saja, tetapi juga dari sisi rohani (peningkatan keimanan dan ketaqwaan). Selain itu, keberadaan Masjid atau Mushola di area sekolah diharapkan dapat membantu upaya pembangunan manusia dari sisi keagamaan tersebut.

Masjid atau mushola di area sekolah juga diharapkan bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk pusat pembinaan bagi siswa, bukan hanya sebagai tempat ibadah. Perlu adanya usaha untuk mengembangkannya.

“Masjid sebagai tempat suci umat Islam di era modernisasi saat ini, hendaknya bisa mengambil peran sinergis sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta menjadi filter dari arus budaya modern yang cenderung bertentangan dengan nilai-nilai agama. Masjid jangan hanya menjadi kebanggaan dari simbol-simbol, tetapi gunakanlah sebagai pusat pembinaan dan pembangunan umat Islam ke depannya, ” tambah Sutedjo.

Bantuan ini diharapkan bermanfaat dalam upaya peningkatan kualitas keimanan siswa, pendidik, dan tenaga pendidik di lingkup Sekolah. Bukan hanya kualitas bangunannya saja yang meningkat, tetapi juga kualitas keimanan setiap unsur dalam lingkup Sekolah.

“Ini merupakan salah satu wujud kepedulian dari BAZNAS Kabupaten Kulon Progo dalam menunjang kegiatan keagamaan di sekolah. Saya berharap, setelah bantuan ini diterapkan di sekolah masing-masing, maka setiap unsur dari sekolah merasa handarbeni terhadap masjid atau mushola yang ada. Tetap patuhi protokol kesehatan dan bahu membahu untuk bekerja sama menghentikan penyebaran virus Covid-19. Masih banyak masyarakat yang sudah menganggap normal kemudian melanggar protokol kesehatan, ” pungkasnya. (***)

Kulonprogo Yogyakarta
WartaSekolah.com

WartaSekolah.com

Related Posts

Peringkat

Profle

Ratna Palupi

Totong Setiyadi

Totong Setiyadi

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Mar 5, 2021

WartaSekolah.com

WartaSekolah.com

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 2

Registered: Aug 11, 2020

Sigit Priyono Azeta

Sigit Priyono Azeta

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 13, 2020

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 0

Postingan Tahun ini: 0

Registered: Aug 17, 2020

Profle

Totong Setiyadi

LDKS OSIS SMP N I Binangun, Babinsa Beri Materi Wasbang
Beginilah Foto Udara Kondisi Sariland Pasca TMMD
Semangat Ekonomi Baru di Wisata Danau Sariland
Menikmati Kesegaran Sungai Gintung

Follow Us

Recommended Posts

Pakaian Seragam dan Atribut di Sekolah, Pemerintah Terbitkan Keputusan Bersama Tiga Menteri 
Kemendikbud RI: Merdeka Belajar, Penyaluran dan Penggunaan Dana BOS
Kemendikbud RI: Merdeka Belajar, Guru Penggerak
Kemendikbud RI: Seru Belajar Kebiasaan Baru (Orang Tua)
Kemendikbud RI: Pengumuman Seleksi Guru PPPK tahun 2021